Follow Me

Friday, March 10, 2017

Tempat Masuk Setan dalam Hati

Bismillah.
 
Tulisan ini sumbernya dari Silahul Mu'mini li Thardisy Syaitan hal 26, cet 10 1422H/2001. Lengkap ya? Sampai halaman juga, karena itu ada di catatan kaki buku yang kemarin aku kutip tentang dzikirnya.

Btw, saya mencatatnya mungkin kurang, keliru arau salah, jadi jangan segan untuk mengingatkan/mengkritik ya? Di kolom komentar..

***
 
1 | Dengki dan Tamak
Diceritakan dibagian deskripsinya, kalau dulu Nabi Nuh memberikan instruksi kepada kaumnya agar masuk kapal berpasang-pasangan (ini sebelum mukjizat banjir turun dari langit). Lalu, ada orang tua asing yang masuk... Singkat cerita ternyata itu adalah iblis yang ingin masuk ke hati kaum beriman yang ada di kapal. Ketika hendak diusir, Iblis/setan memberitahu Nabi Nuh kalau ada lima hal yang membuat manusia celaka, tapi si iblis tadi katanya cuma mau kasih tahu tiga aja. Nabi Nuh 'alaihi salam mendapat firman agar diberitahukan dua hal saja.
Lalu Nuh bertanya, "Apa yang dua?"

Iblis menjawab, "Keduanya tidak akan membohongiku, dan keduanya tidak akan mengkhianatiku karena keduanya manusia akan celaka, yaitu tamak dan dengki."

"Karena dengki aku dilaknat dan dijadikan setan terkutuk. Dan karena sifat tamak keinginanku terwujud pada Adam. Semua isi surga diperbolehkan untuk adam kecuali sebuah pohon yang diketahui, lalu aku menggodanya sampai ia memakannya"


2 | Syahwat dan Amarah

3 | Mencintai Kesenangan dan perhiasan dunia

4 | Rakus


Apa bedanya sama tamak? Itu yang pertama kutanya saat membaca poin ke empat. Kemudian aku teringat, kalau bahasa arab beda dengan bahasa indonesia, pasti maknanya beda, kalau lihat perbedaan kata bahasa arabnya, tapi untuk cari tahu bedanya, harus punya buku Silahul Mu'mini li Thardisy Syaitan yang berbahasa arab hehe.
Rasulullah (shalawat dan salam untuknya) bersabda:

"Waspadalah kalian terhadap sifat rakuts, karena sesungguhnya ia dapat membuat hati haus dan dapat mengunci hati dengan sifat senang dunia. Ia adalah kunci semua kejahatan dan sebab terhapusnya semua kebaikan."
5 | Tergesa-gesa dan Ceroboh
Diriwayatkan dari Rasulullah bahwa beliau bersabda: "Pelan-pelan itu datangnya dari Allah, sedangkan tergesa-gesa datangnya dari setan"
6 | Fitnah Harta

7 | Sifat Kikir dan Takut Miskin

Sufyan Ats Tsauri rahimahullah mengatakan, "Setan tidak mempunyai senjata untuk mengalahkan manusia (yang lebih hebat) sebagaimana sifat takut miskin. Apabila ia menerima hal itu (sifat takut miskin -ed) darinya, maka ia telah melangkah dalam kebatilan, mencegah kebenaran, berbicara dengan nafsu dan berprasangka buruk kepada Rabbnya. Itulah bencana yang paling besar bagi kaum muslimin."
8 | Prasangka Buruk terhadap Kaum Kaum Muslimin

9 | Kenyang Makanan dan Mengikuti Trend Makan mewah

10 | Berlebihan dan Tidak Belajar

***

Cara mengatasi penyakit diatas tersebut:

a | Berdoa kepada Allah dan kembali padaNya

b | Usaha yang keras untuk menghilangkan sifat-sifat tercela ini dari hati
 
c | Meminta pertolongan kepada Allah dengan zikir

***

Maaf ya, ada poin-poin yang ga ada deskripsi dan kutipannya... Kalau mau baca lengkapnya langsung aja di buku Silahul Mu'mini li Thardisy Syaitan, atau buku Amalan-amalan Penghilang Susah.

Semoga bermanfaat. 

Allahua'lam.

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya