Follow Me

Wednesday, December 7, 2016

Dikacangin Itu Rasanya....

-Muhasabah Diri-

Bismillah.

Krik.. krik.. lalu terdengarlah suara jangkrik dari imajinasi hehe. Begitulah rasanya dikacangin. Aku tahu... sekarang udah jaman digital, dimana kita asik komunikasi dengan sosmed, dan melupakan manusia yang ada disebelah kita atau dihadapan kita. Tapi hari ini.... aku baru ngerasain, dikacangin itu ternyata... krik. krik.

***

Dikacangin itu rasanya....

padahal kacang asli rasanya enak, bergizi, tapi dikacangin itu...
Sebelumnya aku mungkin pelaku. Tapi ya.. hari ini aku kaya diingetin Allah, agar tidak menjadi pelaku. Dua orang ukhti, diajak ngobrol, ditanya, tapi pas aku jawab, pandangan dia ga lepas dari gadget, trus sembari refleks tersenyum/tertawa/membaca yg ia baca/membaca yg ia ketik. Dikacangin itu rasanya.... aku akhirnya dibuat terdiam, asik mengamati layar laptop dengan pikiran ruwet karena perasaan aneh karena dikacangin. Atau asik memperhatikan seekor kucing yang tidak lelah bermain dengan tali tas laptopku.

Dikacangin itu rasanya....

Bukan cuma gadget, baru nyadar, tiga kali dikacangan oleh tiga orang berbeda. Yang satu lagi ukhti yang sedang serius banget fokus pada bacaan di hadapannya. Ditanya, ga noleh, kaya ga denger aja hehe. Akhirnya aku ikut-ikutan menyibukkan diri, ambil foto diam-diam, lalu mengirimnya ke wa yang bersangkutan, caper. Karena dikacangin itu rasanya....

Dikacangin itu rasanya....

Aku mungkin pernah menjadi pelaku, dan korbannya mungkin banyak. Dan bukan hal yang aneh juga, kalau kita lihat orang berjalan tapi lihatnya ke layar gadget, bukan lihat ke depan, menghalangi yang sedang terburu, bahkan rawan nabrak tiang hehe *kalo di komik gitu ya? Wkwkwk.

Dikacangin itu rasanya....

Krik. krik. Seolah ada suara jangkrik di halusinasi hehe. Bukan cuma di dunia nyata. Tapi juga di dunia maya. Tanya satu hal,di grup isi sekian banyak orang, ga ada yang jawab. Krik. krik. Dikacangin itu rasanya... Yaudah sih, mungkin pertanyaannya memang kurang penting.

Lain grup, lain waktu, masa lalu wkwkwk. Tanya hal penting, di grup isi sekian banyak orang (ga banyak siih), udah pada seen gitu *jaman message fb, ga ada yang jawab. Padahal penting loh. Apa susahnya sih jawab?? Akunya jadi marah... dikacangin itu rasanya... ckckck.

***

Perasaan negatif. Iya, itu. Ga bisa aku deskripsiin, tergantung mood. Kalau pas dikacangin lagi mood bagus, yaudah biasa aja, toleransi, lagi sibuk mungkin, mungkin yang diajak ngobrol di layar bahas hal penting. Kalau lagi ga mood, atau sedang ga stabil moodnya, pasti marah, gatau kenapa sakit hati, yaaa... aku kan lagi ngomong, masa kamu ga dengerin sih? Masa seen doang sih? Ga respon? Terus pikiran jelek meloncat-loncat di otak, trus ujung-ujungnya nangis. Dasar cengeng!

***

Tulisan ini, selain untuk curhat, juga untuk mengingatkan diri. Eits, tunggu, kebalik, salah niat, belok niatnya hehe. Selain untuk muhasabah diri juga curcol hehe.

Muhasabah diri karena diri ini sering ga peka, atas orang disekeliling dan jalan aja tanpa lihat kanan kiri, sibuk dengan gadget di hadapannya. Astaghfirullah.

Muhasabah diri karena bisa jadi, aku memperburuk ukhuwah, karena pas di kontak via sosmed, ga bales. Eh, pas ketemuan, malah sibuk bersosmed. Lah kepriwe sih Bell? Hehe. *ngapaknya keluar wkwkwk.

Muhasabah diri... tentang semua, tentang bagaimana kita bisa prioritas menjaga komunikasi. Jadi inget sunnah Rasulullah, ketika dipanggil, menjawab, mengarahkan tubuhnya ke pembicara. Ga cuma noleh wajah, tapi badannya juga. Full attention. Sang pembicara, yang dihadapannya jadi merasa diperhatikan. Semua sahabat, merasa menjadi sahabat kesayangan Rasululllah. Shalallahu 'alihi wassallam. Sunggu betapa mulia akhlaq beliau, meski kita begitu tertatih meniru sunnah-sunnah beliau. Semoga kita semua berada dalam Quran dan Sunnah sampai akhir hayat. Aamiin.

Bye... semoga bermanfaat^^

No comments:

Post a Comment

ditunggu komentarnya